Qamoc

My WordPress Blog

Uncategorized

Mengenal Dunia Komik Jepang: Sejarah, dan Komik Terpopuler!

Qamoc – Siapa yang tidak mengenal manga? Secara harfiah, manga berarti komik. Orang Jepang kalau menyebut komik ya manga. Namun, dalam komunitas Internasional, istilah manga merujuk pada komik Jepang atau komik-komik produksi dari negara Jepang.

Popularitas manga atau komik Jepang cukup besar di seluruh dunia, seiring dengan populernya anime di seluruh dunia. Keberadaan industri ini membantu perekonomian Jepang selama bertahun-tahun. Penjualan komik Jepang setahunnya bisa mencapai 450 juta dalam bentuk buku.

Namun, bagaimana manga atau komik Jepang ini bisa mencapai kesuksesan besar hingga sekarang? Mari kita mengenal lebih dalam tentang komik Jepang.

Sejarah Awal

Istilah manga berakar dari kata manhua yang merupakan kata dari bahasa Tiongkok. Manhua berarti “gambar dadakan”. Sebutan untuk pembuat karya Manga adalah Mangaka.

Secara garis besar, “komik” Jepang pertama kali adalah sebuah gulungan yang berasal pada abad ke-12. Lalu pada zaman Edo (1603-1867), kata manga mulai banyak digunakan, dimulai pada tahun 1798 ketika dipublikasikan buku bergambar berjudul Shiji no yukikai karya Santō Kyōden (1798). Kemudian berturut-turut juga ada buku bergambar lain seperti Manga hyakujo (1814) dan Hokusai Manga (1814–1834) karya Aikawa Minwa.

Komik Jepang mulai berkembang setelah pendudukan Sekutu (1945-1952). Saat itu banyak tentara-tentara Amerika Serikat membawa produk kultur pop Barat seperti komik, film, dan kartun. Hal itu memberikan pengaruh terhadap dunia perkomikan di Jepang.

Setelah pendudukan Sekutu, mulai muncul komik-komik Jepang yang kemudian menjadi populer. Di antaranya adalah Astro Boy karya Osamu Tezuka yang terbit tahun 1952. Popularitas Astro Boy meningkat pesat ke seluruh dunia setelah penayangan animenya pada tahun 1963.

Karakteristik dan Sistem Publikasi

Cara membaca komik-komik Jepang adalah dari kanan ke kiri. Selain itu, komik Jepang kebanyakan menggunakan warna hitam-putih, hal ini bertujuan untuk menghemat biaya cetakan kertas.

Mangaka komik Jepang mempublikasikan karyanya di majalah-majalah, dimana majalah tersebut terbit secara berkala, ada yang terbit seminggu sekali ada pula yang sebulan sekali. Setiap edisi majalah, menerbitkan satu chapter manga. Kemudian, beberapa chapter tersebut dibundel dalam satu buku yang disebut dengan Tankoubon.

Satu volume Tankoubon biasanya berisi sembilan-sepuluh chapter (untuk manga mingguan) dan empat chapter (untuk manga bulanan). Buku tersebut kemudian dijual oleh penerbit ke seluruh toko buku di Jepang. Kemudian, buku tersebut dijual untuk pembaca Internasional ketika ada penerbit luar negeri yang membeli lisensi manga tersebut.

Walaupun sekarang, publikasi sudah bisa diakses secara digital. Namun, banyak penerbit tetap mempertahankan format hitam-putih. Hal ini karena warna hitam-putih sudah menjadi ciri khas komik Jepang secara umum yang telah dikenal di seluruh dunia.

Popularitas dan Anime

Masa keemasan dunia perkomikan Jepang adalah medio 1980-an hingga 1990-an. Dragon Ball menjadi ujung tombak komik Jepang dalam ekspansi skala global. Manga karya Akira Toriyama yang rilis tahun 1984 tersebut sukses meraih banyak penggemar di seluruh dunia. Dan bersama dengan Dragon Ball, juga ada manga lain yang juga mengiringi kesuksesannya. Yaitu Captain Tsubasa, Slam Dunk, Sailor Moon, Doraemon, dll.

Popularitas manga tetap berlanjut pada tahun 2000an hingga sekarang. Beberapa komik Jepang yang terkenal secara global di antaranya adalah One Piece, Naruto, Bleach, Fairy Tail, Attack on Titan, Demon Slayer, dll. Bahkan One Piece mencatatkan rekor sebagai komik dengan penjualan tertinggi sepanjang masa, mengalahkan komik asal Amerika Serikat, Superman dan Batman. 

Terima kasih terhadap anime karena berkat produksi anime, membantu meningkatkan popularitas manga. Beberapa anime yang tayang, mengambil sumber ceritanya dari manga. Karna itulah penikmat anime harus membaca manga-nya untuk mengetahui kelanjutan cerita ataupun sekedar mengoleksi.

Namun sayangnya, walaupun memiliki basis penggemar di seluruh dunia. Penggemar Internasional masih kesulitan untuk mengakses chapter terbaru komik-komik Jepang yang berbahasa non-Jepang.

One thought on “Mengenal Dunia Komik Jepang: Sejarah, dan Komik Terpopuler!

  • Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *